Perbedaan Shop Drawing dan As Built Drawing

Hallo dalam rangka pengenalan website saya yang satu ini saya akan membagikan suatu hal yang sangat penting sekaligus menjadi acuan untuk dunia kerja nanti hehehe, kenapa saya bisa menyebut hal tersebut? yap karena saya pernah PKL selama beberapa bulan di dunia proyek pada saat saya masih smkn hehehe maka dari itu pembahsan pertama ini cukup penting agar nanti tidak binggung kalau di suruh membuat gambar "Shop Drawing dan As Built Drawing". 

Perbedaan Shop Drawing dan As Built Drawing

Dalam pengerjaan suatu proyek bangunan, seringsekali kita menemukan gambar dengan label Shop Drawing dan As Built Drawing, yang kalau kita amati terlihat sekilas tidak ada perbedaan dan hampir mirip. Sebenarnya keduanya mempunyai perbedaan meskipun terlihat hampir sama. Penasaran dengan perbedaannya? silahkan langsung simak disini ya.
  • Dari yang membuat
Gambar Shop Drawing dibuat oleh perencana/desainer bangunan yang dibangun, baik itu perorangan ataupun perusahaan/biro gambar. Gambar-gambar yang tersaji dalam 1 bendel/jilid-an, kadangkala disertai dengan soft copy (gambar dengan program tertentu). sedangkan gambar As Built Drawing dibuat oleh kontraktor/pelaksana pembuat bangunan, juga bisa perorangan ataupun perusahaan kontraktor bangunan.
Nah dari satu perbedaan itu terlihat cukup jelaskan apa yang sangat mebedakan gambar yang diberi label Shop Drawing dengan label gambar yang di beri label As Built Drawing ^_^.
  • Dari isi yang disajikan
Gambar Shop Drawing adalah gambar detail dan menyeluruh dari bangunan yang akan dibangun (gambar panduan pelaksanaan) dengan tujuan bangunan yang akan dibangun akan sama/sesuai dengan maksud daripada perencana/disainer.
  • Kapan dibuat nya?
Sedangkan gambar As Built Drawing adalah gambar koreksi, perbaikan, revisi, dari gambar pelaksanaan yang ada, dikarenakan adanya permasalahan di proyek pada saat bangunan dikerjakan. Juga menerangkan pihak mana saja yang ikut mengerjakan proyek yang dibangun, seperti : sub kontraktor-sub kontraktor, supplier-supplier, dll yang andil dalam pembangunan proyek.

Oke cukup sekian penjelasan yang saya berikan, masih adakah yang kurang jelas? sebenarnya saya mau memberi contoh gambar shop drawing dan asbuilt drawing namun karena rahasian perusahaan (gambar tidak boleh disebar) jadi disini saya memohon maaf sebesar-besarnya jika ada yang kurang atau salah karena saya juga masih dalam tahap belajar, terimakasih telah membaca di website saya ini, untuk next postingan kalian bisa request kok, tinggal chat saja melalu FB saya atau bisa komentar lalu saya akan buatkan, terimakasih.
First


EmoticonEmoticon